Archives

2022

Cover Page

Vol 49, No 6 (2022): Nutrisi

Berapa banyak di antara Sejawat yang memperhatikan masalah tidur? Mungkin tidak terlalu banyak, meskipun praktis sepertiga masa kehidupan kita dilewatkan di tempat tidur. Masalah tidur sebenarnya sudah cukup lama menjadi perhatian kalangan medis, terutama dikaitkan dengan kondisi mental. Laporan hasil penelitian terkait masalah memori sebaiknya ditindaklanjuti dengan penelitian yang lebih besar dan terstruktur agar bisa mendapatkan hasil yang dapat dimanfaatkan dalam klinik.

Beberapa artikel yang juga penting antara lain mengenai ARV baru; fokus dunia medis pada masalah COVID-19 hendaknya tidak mengurangi perhatian kita pada perkembangan tata laksana penyakit-penyakit lain.

Pada Sejawat yang ‘melek teknologi’ dapat menikmati artikel yang membahas AI (artificial intelligence) untuk membantu diagnosis; dalam hal ini ASD (autistic spectrum disorders). Dengan kemajuan teknologi dan bertambahnya pengalaman klinis, tidak mustahil metode ini juga akan berguna untuk tata laksana penyakit-penyakit lain.

Cover Page

Vol 49, No 5 (2022): Jantung dan Saraf

Cermin Dunia Kedokteran edisi ini hadir dengan topik bahasan yang beragam, tetapi selalu diupayakan dapat memberikan penyegaran pengetahuan bagi para pembaca setia kami.

Hasil penelitian mengenai profil karsinoma serviks hendaknya menyadarkan kita semua tentang perlunya kampanye masyarakat guna deteksi dini dengan harapan prognosis yang lebih baik. Artikel beberapa aspek praktis tata laksana resusitasi neonatus seyogyanya juga bisa menambah wawasan guna tata laksana pasien dengan lebih lengkap.

Cover Page

Vol 49, No 4 (2022): Infeksi - COVID-19

Dunia sampai saat ini masih disibukkan dengan masalah COVID-19 yang belum juga dapat diatasi sepenuhnya. Edisi Cermin Dunia Kedokteran ini kembali menerbitkan beberapa artikel yang mengulas beberapa aspek diagnostik dan tata laksana COVID-19, dengan harapan bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca sekalian.

Sekalipun demikian, masalah kesehatan lain hendaknya tidak terabaikan; dua artikel pada edisi ini membahas topik infertilitas dan dismenore, semoga bisa menyegarkan pengetahuan mengenai masalah-masalah ginekologi ini.

Cover Page

Vol 49, No 3 (2022): Saraf

Beberapa masalah neurologi akan dapat sejawat telaah dalam edisi CDK ini, antara lain studi penggunaan asam valproat di kalangan penyandang epilepsi dan bahasan manifestasi neurooftalmologi – suatu cabang ilmu neurologi yang sebenarnya tidak membutuhkan banyak bantuan alat canggih, tetapi berguna dalam diagnostik – sehingga seyogyanya juga dapat dikuasai oleh kalangan yang lebih luas.

Di tengah kesibukan dunia menghadapi pandemi COVID 19 yang belum berakhir, dunia medis hendaknya juga tetap memperhatikan dan meneliti aspek lain yang juga penting bagi kesejahteraan di masa depan; untuk itu, bahasan terapi berbasis sel kiranya bisa menyediakan informasi mengenai potensinya yang besar bagi kesejahteraan manusia di masa mendatang.

Cover Page

Vol 49, No 2 (2022): Infeksi

Cermin Dunia Kedokteran (CDK) kali ini menerbitkan artikel seputar mukormikosis – penyakit yang relatif jarang, tetapi perlu diwaspadai mengingat manifestasinya yang beragam mengenai berbagai sistem organ.

Penyakit lain yang relatif jarang dibicarakan adalah lepra atau Morbus Hansen (MH); kami mengharapkan adanya laporan serupa dari daerah lain, sehingga memberikan gambaran situasi yang lebih lengkap, yang berguna bagi perencanaan penanggulangan yang lebih baik.

Cover Page

Vol 49, No 1 (2022): Bedah

Beberapa masalah bedah mengisi edisi ini, antara lain mengenai tatalaksana rekonstruksi wajah dan masalah ortopedi; kendati pembahasannya agak spesifik teknis, ada baiknya juga dipahami oleh kita semua; begitu juga dengan beberapa aspek pemeriksaan radiologi, seperti yang dibahas pada salah satu artikel di edisi ini.


2021

Cover Page

Vol 48, No 12 (2021): General Medicine

Di penghujung tahun 2021, CDK menjumpai para pembaca setia sekalian, semoga dalam keadaan yang tetap sehat sejahtera;kita semua berharap agar pandemi dapat segera diatasi, sementara kewaspadaan tentu harus tetap dijaga. Artikel risiko trombosis pada COVID-19 hendaknya mengingatkan kita semua mengenai risiko komplikasi COVID-19.

Artikel lain mengenai penyakit yang mulai dilupakan, yaitu skabies, baik dari segi diagnostik maupun tatalaksananya; dilengkapi dengan dua kasus ortopedi, kiranya bisa menjadi penyegar pengetahuan; juga tentunya artikel tatalaksana robekan aurikula,kasus yang mungkin jarang dijumpai, tetapi membutuhkan keterampilan klinis yang tinggi.

Seperti biasa dilengkapi dengan beberapa artikel mutakhir, selamat membaca; sampai berjumpa kembali di tahun mendatang dalam keadaan yang lebih baik dan sehat bagi semua

Cover Page

Vol 48, No 11 (2021): Kardio-SerebroVaskular

CDK (Cermin Dunia Kedokteran) kembali mengunjungi sejawat sekalian dengan berbagai topik bahasan, beberapa di antaranya seputar COVID-19; pandemi yang kita semua harapkan bisa segera berakhir.

Aspek kesehatan COVID-19 saat ini tidak lagi hanya masalah tata laksana akut, melainkan sudah meluas ke berbagai ‘komplikasi’ lambat, baik mengenai sistem organ maupun secara psikologis, termasuk juga di kalangan anak. Beberapa bahasan masalah tersebut diharapkan dapat memperluas wawasan agar bisa ditatalaksana dengan sebaik-baiknya.

Cover Page

Vol 48, No 10 (2021): CME - Continuing Medical Education

Cermin Dunia Kedokteran (CDK) kembali menjumpai sejawat sekalian dalam edisi khusus CME, kali ini sebagian besar berkaitan dengan aspek nutrisi/defisiensi. Masalah dislipidemia sudah sering dibahas karena dianggap merupakan faktor penting dalam tatakelola penyakit-penyakit metabolik;bahasan kali ini terkait dengan penyakit kardiovaskular. Demikian juga mengenai vitamin D, topik yang tetap aktual dan sudah beberapa kali dikupas, hendaknya tetap bermanfaat dalam praktik klinik. Artikel tentang pemanfaatan aplikasi seluler, dalam hal ini untuk pemantauan pasien DM, tentu akan sangat berguna, terutama di masa pandemi yang sangat membatasi interaksi fisik dokter-pasien.

Kami berharap bahwa edisi ini tetap dapat bermanfaat bagi penyegaran dan penambahan pengetahuan sejawat sekalian, di tengah keterbatasan kontak personal yang menghalangi interaksi ‘konvensional’ seperti tradisi kedokteran ‘lama’; ada baiknya kita semua bersiap untuk meninggalkan paradigma lama guna menyiapkan diri untuk tatacara dan perilaku ‘baru’ yang bisa mengadaptasi perubahan besar yang sedang kita hadapi bersama.

Cover Page

Vol 48, No 9 (2021): Nyeri Neuropatik

Semoga Cermin Dunia Kedokteran edisi ini mengunjungi para sejawat sekalian dalam keadaan sehat walafiat dan sejahtera dengan tetap waspada menjalankan kebiasaan sehari-hari, dalam suasana pandemi yang masih berlangsung.

Beberapa bahasan terkait COVID-19 dapat disimak di edisi ini, antara lain mengenai aspek imunitasnya; yang tidak kalah menarik adalah ulasan aspek hukumnya, sesuatu yang sering terlewat dari perhatian para klinisi medis.

Artikel-artikel mengenai kesehatan kulit melengkapi edisi ini, antara lain penelitian hubungan konstipasi dengan akne vulgaris, dan metode tatalaksana akne vulgaris yang diharapkan bisa menambah keterampilan para sejawat sekalian. Selainitu, artikel CME mengenai nyeri neuropatik hendaknya bisa menyegarkan kembali pengetahuan sejawat.

Cover Page

Vol 48, No 8 (2021): CME - Continuing Medical Education

CDK kembali menerbitkan edisi khusus CME untuk menyegarkan kembali pengetahuan sejawat sekalian, kali ini seputar topik neurologi dan neurobiologi; karena pada hakekatnya, setiap perubahan perilaku mestinya didasari oleh perubahan keseimbangan neurotransmitter dalam otak.

Artikel lain mengenai Gangguan Peredaran Darah Otak atau lebih dikenal dengan stroke; dalam ‘suasana’ pandemi saat ini yang patut didalami antara lain bahasan risiko terkait pandemi dan masalah rehabilitasinya. Dilengkapi dengan artikel tinjauan atas sklerosis multipel, hendaknya bisa meningkatkan kewaspadaan sejawat sekalian mengenai masalah-masalah tersebut.

Cover Page

Vol 48, No 7 (2021): Infeksi - [Covid - 19]

Pandemi COVID 19 yang masih berlangsung tidak hanya menimbulkan masalah tatalaksana dan pencegahan bagi penyakit COVID-19-nya sendiri, tetapi juga pada tatalaksana berbagai penyakit lainnya, termasuk penyakit yang sudah diidap sebelumnya oleh penderita COVID-19; di samping itu masalah tatalaksana COVID-19 pun masih terus berkembang.

Beberapa artikel edisi CDK ini membahas aspek tatalaksana penyakit yang potensial terpengaruh dengan adanya pandemi; ditambah dengan bahasan potensi berbagai obat untuk tatalaksana COVID-19 sendiri. Beberapa bahasan mungkin sudah diperkaya dengan perkembangan dan data mutakhir setelah artikel dibuat, tetapi seyogyanya dapat tetap memberikan gambaran dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca di masa yang masih bergejolak ini.

Cover Page

Vol 48, No 6 (2021): Kardiologi

Dalam edisi ini, CDK kembali mengunjungi sejawat sekalian dengan topik bahasan Kardiologi; antara lain deteksi dini kematian mendadak – situasi klinis darurat yang dapat dijumpai di manapun dan kapanpun. Bahasan diagnostik juga menarik untuk bisa mendapatkan alternatif cara diagnosis infark miokard; artikel lain membahas penggunaan obat dan beberapa kelainan jantung yang bisa dijumpai dalam praktik. Edisi ini juga menyertakan beberapa bahasan mengenai COVID-19 yang masih menjadi masalah global – penggunaan antikoagulan dan kaitannya dengan vaksinasi flu menarik untuk disimak. Seperti lazimnya, edisi ini dilengkapi dengan beberapa artikel lain untuk menyegarkan pengetahuan para pembaca setia kami; umpan balik dan masukan sangat diharapkan.

Cover Page

Vol 48, No 5 (2021): CME - Continuing Medical Education

Masih dalam masa pandemi COVID-19, CDK tetap setia mengunjungi sejawat sekalian; kali ini dengan edisi khusus CME. Hal ini tidak lain dari usaha kami untuk tetap memelihara hubungan dengan para pembaca yang sudah terjalin lama. Edisi khusus CME ini juga dimaksudkan agar para sejawat tidak ketinggalan dalam mengikuti kemajuan ilmu kedokteran yang makin pesat, dan tetap memberikan informasi mengenai perkembangan dunia kedokteran. Kendati demikian, artikel terkait COVID-19 tetaplah diikutsertakan agar bisa memberikan informasi terkini.

Cover Page

Vol 48, No 4 (2021): Dermatologi

Pendidikan mengalami perubahan paradigma besar sepanjang masa pandemi ini, terutama karena terbatasnya kesempatan tatap muka dan kontak empati yang diperlukan bagi perkembangan kepribadian dan kematangan hubungan interpersonal. Perubahan ini juga berdampak pada pranata pendidikan kedokteran, ilmu yang selama ini juga memanfaatkan empati dan pendekatan personal sebagai salah satu sarana terapi. Besarnya pengaruh perubahan ini terhadap luaran pendidikan masih harus dilihat dalam masa-masa mendatang.

Dalam konteks ini, hasil penelitian mengenai tingkat empati mahasiswa kedokteran diharapkan bisa menjadi latar belakang wacana perubahan sistem pendidikan kedokteran di masa mendatang.

Beberapa artikel klinis, banyak yang berkaitan dengan masalah kulit akan melengkapi edisi CDK ini; dan masih terkait dengan konteks penanganan pandemi COVID 19 saat ini, bahasan mengenai kasus anak diharapkan bisa memberi sudut pandang yang sedikit berbeda. Tinjauan mengenai salah satu obat tradisional diharapkan bisa memperluas wawasan sejawat, semoga dapat memperkaya publikasi mengenai obat-obat tradisional.

Selamat membaca, kendati masih belum dapat menjumpai sejawat dalam bentuk fisik/cetak, hendaknya tidak mengurangi manfaat dalam menunjang kegiatan sejawat sekalian.


1 - 15 of 104 Items     1 2 3 4 5 6 7 > >>