Archives

2019

Cover Page

Vol 46, No 3 (2019): Nutrisi

Gangguan Peredaran Darah Otak (GPDO) atau stroke, dewasa ini sudah mulai ‘mengalahkan’ penyakit jantung koroner sebagai penyebab kecacatan dan kematian utama, juga di Indonesia. Meskipun upaya terapeutik tetap berkembang, upaya pencegahan tetap merupakan cara yang paling efektif dan ‘murah’ untuk menghindarinya. Dilengkapi dengan bahasan mengenai hipertensi – faktor risiko stroke yang penting, hendaknya dapat memperluas wawasan dalam merencanakan tindakan pencegahan dan tatalaksana yang sesuai.

Cover Page

Vol 46, No 2 (2019): Penyakit Dalam

Peranan terapi tradisional menggunakan bahan-bahan alami tidak bisa diabaikan, bahkan pada saat kemajuan teknologi dewasa ini; bukan hanya karena luasnya penggunaan di masyarakat, tetapi juga karena ternyata memang bermanfaat, seperti yang dipaparkan dalam hasil penelitian yang diterbitkan di edisi CDK ini. Harapan selanjutnya tentu adalah uji klinis yang lebih luas agar bisa digunakan oleh kalangan yang lebih luas.  Selain itu, hasil penelitian mengenai uji diagnostik alergi hendaknya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan klinis.

Cover Page

Vol 46, No 1 (2019): Obstetri - Ginekologi

Luka/ulkus di tungkai hendaknya tidak dianggap sebagai kasus sederhana, apalagi jika menjadi kronis atau tidak kunjung sembuh. Beberapa kemungkinan penyebab dan tatalaksananya merupakan salah satu topik bahasan di edisi ini. Dilengkapi dengan bahasan aplikasi sel punca dalam praktik, diharapkan dapat menambah kompetensi sejawat sekalian, terutama dalam menangani berbagai lesi kulit

Cover Page

Vol 46, No 1 (2019): CME - Continuing Medical Education

Di awal tahun 2019 ini Cermin Dunia Kedokteran (CDK) kembali menerbitkan edisi suplemen dengan artikel yang dilengkapi dengan pertanyaan CME. Harapan kami tentu agar bisa memenuhi kebutuhan penyegaran ilmu dan pengetahuan sejawat sekalian untuk meningkatkan kemampuan pelayanan pasien dan masyarakat pada umumnya. Saran dan komentar untuk perbaikan selalu kami harapkan guna peningkatan mutu dan penyesuaian terhadap keinginan sejawat sekalian.


2018

Cover Page

Vol 45, No 12 (2018): Farmakologi

Berwisata di laut pasti akan menggembirakan banyak orang, tetapi ternyata tidak semua hewan laut ramah terhadap manusia – beberapa di antaranya potensial beracun; meskipun dalam banyak kasus keracunan bersifat ringan, seperti yang dilaporkan pada artikel di edisi ini. Yang penting adalah kewaspadaan dan pertolongan pertama yang dapat dilakukan secara sederhana tetapi cukup efektif.

Cover Page

Vol 45, No 11 (2018): Neurologi

Beberapa masalah neurologi akan menjadi topik bahasan edisi ini; tatalaksana status epileptikus terkini hendaknya dapat bermanfaat bagi sejawat terutama yang terlibat dalam penanganan gawat darurat, dilengkapi dengan tinjauan tentang peranan proses imun dalam patogenesis epilepsi yang diharapkan dapat memberi pemahaman lebih baik atas masalah yang telah ada sejak zaman Hippocrates ini.

Cover Page

Vol 45, No 10 (2018): Muskuloskeletal

Asian Games 2018 baru saja berakhir dengan segala gegap gempita. Taekwondo tidak ketinggalan ikut menyumbang medali emas bagi Indonesia. Namun perlu diingat bahwa cedera olahraga merupakan hal yang harus selalu diperhitungkan. Edisi ini menerbitkan artikel mengenai cedera olahraga taekwondo; tidak hanya relevan, tetapi juga hendaknya dikuti dengan artikel penelitian lainnya, mengingat cabang ilmu kedokteran olahraga telah makin berkembang dan seyogyanya.

Cover Page

Vol 45, No 9 (2018): Infeksi

Penelitian bisa dilakukan di mana saja, tidak harus di laboratorium ataupun melibatkan peralatan canggih; dan apapun hasilnya, sepanjang dilakukan dengan metodologi yang baik, tentu akan selalu berguna sebagai tambahan pengetahuan yang bisa dimanfaatkan dalam praktik. Penelitian–penelitian lapangan seperti yang kami terbitkan di edisi ini hendaknya dapat menjadi stimuli untuk penelitian lanjutan yang lebih lengkap agar hasilnya lebih dapat berguna untuk kalangan luas.

Cover Page

Vol 45, No 8 (2018): Alopesia

Berapa banyak di antara praktisi di rumah sakit yang memperhitungkan risiko flebitis di kalangan pasien rawat inap, khususnya pasien anak? Masalah yang kelihatannya sepele, sebenarnya dapat meningkatkan morbiditas dan lama rawat inap; dan yang juga penting, potensial dapat dicegah dengan peningkatan perhatian dan tatacara prosedural. Untuk itu, artikel penelitian di kalangan pasien rawat inap dapat memberikan gambaran awal mengenai masalah yang perlu diwaspadai ini.

Cover Page

Vol 45, No 7 (2018): Onkologi

Dua artikel mengenai keganasan hendaknya menjadikan para sejawat menjadi lebih waspada terhadap penyakit yang makin perlu diperhatikan ini; kedua artikel tersebut kendati mengenai keganasan yang berbeda, mencoba mencari faktor-faktor yang dapat digunakan untuk pemantauan klinis, dan yang tidak kurang pentingnya adalah untuk aspek pencegahan; sesuatu yang kadang terabaikan dalam praktik klinis kuratif.

Cover Page

Vol 45, No 6 (2018): Penyakit Dalam

Penelitian mengenai tanaman obat hendaknya diikuti dengan penelitian lanjutan pada manusia agar dapat dimanfaatkan dalam pelayanan kesehatan masyarakat, seperti halnya hasil penelitian mengenai Jeringau Merah pada edisi ini. Artikel mengenai faktor vitamin D pada pasien tuberkulosis mungkin dapat dimanfaatkan dalam tatalaksana klinis sehari-hari. Di edisi ini pula mulai dibuka rubrik pembahasan etikolegal, semoga bisa menambah pengetahuan para sejawat mengenai hal yang seyogyanya dipahami bersama.

Cover Page

Vol 45, No 5 (2018): Nutrisi

Penelitian bisa dilakukan di mana saja, tidak harus di laboratorium ataupun melibatkan peralatan canggih; dan apapun hasilnya, sepanjang dilakukan dengan metodologi yang baik, tentu akan selalu berguna sebagai tambahan pengetahuan yang bisa dimanfaatkan dalam praktik. Penelitian–penelitian lapangan seperti yang kami terbitkan di edisi ini hendaknya dapat menjadi stimuli untuk penelitian lanjutan yang lebih lengkap agar hasilnya lebih dapat berguna untuk kalangan luas.

Cover Page

Vol 45, No 4 (2018): Cedera Kepala

Cedera kepala merupakan penyebab utama kecacatan dan kematian di usia produktif, dan kejadiannya cenderung meningkat sesuai peningkatan risiko kecelakaan, terutama lalu lintas. Evaluasi klinis dan pilihan tata laksana yang tepat akan menentukan hasil terapi dan prognosis penderitanya; dalam konteks tersebut, hasil telaah klinis pada edisi ini diharapkan dapat mempertajam kemampuan klinis sejawat sekalian.

Artikel lain sangat relevan dalam era BPJS saat ini, hendaknya dapat menjadi tambahan informasi agar program nasional ini dapat berjalan lancar dan memberi manfaat bagi semua pihak, termasuk para pengelola dan pelaksana medisnya.

Cover Page

Vol 45, No 3 (2018): Muskuloskeletal

Percepatan penyembuhan fraktur tentu sangat bermanfaat, bukan hanya untuk mengurangi angka kesakitan, tetapi juga dapat mempercepat mobilisasi dan mengurangi risiko komplikasi. Hasil penelitian mengenai penggunaan gelombang ultrasonik untuk penyembuhan luka fraktur tentu patut ditindaklanjuti dengan penelitian pada manusia agar dapat dimanfaatkan sesegera mungkin.

Artikel yang bisa dimanfaatkan dalam klinis adalah mengenai efektivitas obat antiemetik; meskipun penelitiannya dilakukan dalam konteks pascabedah.

Cover Page

Vol 45, No 2 (2018): Urologi

Salah satu efek samping penyembuhan luka adalah terbentuknya keloid; percobaan penggunaan ketotifen  untuk mencegah efek samping tersebut patut ditindaklanjuti dengan penelitian klinis yang lebih besar.

Hasil penelitian lain pada edisi ini diharapkan bisa berguna bagi tata laksana pasien hemodialisis yang umumnya bersifat kronis, sehingga berpotensi efek samping jangka panjang. Analisis yang juga menarik adalah tatalaksana cegukan (hiccup) di fasilitas layanan primer, agar bisa mengurangi kebutuhan rujukan.


46 - 60 of 110 Items     << < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >>