Archives

2022

Cover Page

Vol 49, No 10 (2022): Kesehatan Mata

Selamat bertemu kembali di edisi Cermin Dunia Kedokteran dalam keadaan sehat walafiat; edisi ini menerbitkan dua artikel kesehatan mata, dilengkapi dengan bahasan mengenai cara terapi baru gagal jantung dan dua laporan kasus masalah kardiologi.

Artikel peran pemeriksaan laboratorium untuk menentukan derajat COVID-19, dilengkapi dengan beberapa berita terkini, kiranya dapat tetap memelihara kewaspadaan kita semua di masa pandemi yang masih belum berakhir.

Beberapa artikel bahasan mutakhir lain kiranya dapat berguna bagi sejawat sekalian.

Cover Page

Vol 49, No 9 (2022): Saraf

Beberapa masalah neurologi/saraf kembali menjadi topik bahasan naskah yang terbit di edisi Cermin Dunia Kedokteran ini. Cedera medulla spinalis masih merupakan masalah besar di bidang neurologi mengingat potensi kecacatannya yang besar sekalipun tata laksana sudah maksimal; dilengkapi dengan naskah mengenai risiko sindrom Guillain-Barre, baik saat terinfeksi COVID-19 maupun sebagai potensi efek samping vaksinasinya.

Di tengah kesibukan terkait COVID-19, masalah HIV tentunya tidak bisa diabaikan; tetaplah waspada terhadap potensi komplikasinya, antara lain infeksi oportunistik toksoplasma, khususnya di susunan saraf pusat. Ditambah dengan laporan penanganan fisioterapi untuk kasus cerebral palsy, tentunya menarik untuk bisa diterapkan dalam klinis.

Cover Page

Vol 49, No 8 (2022): Dermatologi

Edisi Cermin Dunia Kedokteran ini berisi artikel-artikel mengenai kesehatan kulit; yang menarik di antaranya bahasan manifestasi kulit pada COVID-19 yang dapat menambah ketajaman diagnosis. Artikel peranan merokok pada (risiko) karsinoma hepatoseluler kiranya dapat menambah kewaspadaan kita semua perihal efek merugikan dari merokok, yang ternyata tidak hanya terbatas pada sistem respirasi dan kardiovaskular.

Bagi Sejawat yang berminat pada masalah-masalah pencegahan, artikel peran social media tentunya bisa diambil manfaatnya untuk merancang strategi kampanye kesehatan masyarakat yang lebih tepat sasaran.

Cover Page

Vol 49 (2022): CDK Suplemen-2

Di Cermin Dunia Kedokteran (CDK) edisi suplemen yang kedua ini, menyajikan naskah yang mengulas manfaat vitamin D pada berbagai kondisi klinis. Naskah-naskah ini berasal dari makalah yang diikutsertakan pada lomba penulisan naskah yang diselenggarakan bekerjasama dengan Divisi Geriatri, Bagian Ilmu Penyakit Dalam, Rumah Sakit Umum Pusat dr. Cipto Mangunkusumo dan Fakultas Kedokteran Univesitas Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Seperti yang tampak dari hasil penelitian-penelitian tersebut, pengetahuan mengenai vitamin D telah berkembang pesat, dari hanya untuk manfaat tulang dan otot, meluas hingga praktis memengaruhi kerja hampir semua organ tubuh manusia. Pengetahuan ini tentu sangat bermanfaat bagi pengelolaan kesehatan pada umumya, apalagi jika ditinjau dari ketersediaan dan keterjangkauan vitamin D yang telah demikian luas.

Cover Page

Vol 49 (2022): CDK Suplemen-1

Cermin Dunia Kedokteran (CDK) edisi CME ini dengan beberapa naskah terkait nutrisi dan antioksidan, topik yang selalu actual dan berhubungan dengan hampir semua aspek kesehatan;  pendekatan ‘baru’ pada terapi kanker juga perlu disimak agar tetap bisa mengikuti perkembangan ilmu kedokteran yang pesat.

Penyegaran pengetahuan hendaknya merupakan upaya terus-menerus melalui berbagai sarana, apalagi di saat-saat pandemi yang membatasi interaksi langsung antar-manusia; dalam situasi ini kami tetap mengharapkan agar edisi CDK tetap dapat bermanfaat.

Cover Page

Vol 49, No 7 (2022): Vitamin D

Selamat berjumpa lagi di edisi Cermin Dunia Kedokteran yang kali ini menerbitkan beberapa naskah yang diikutsertakan dalam lomba penulisan naskah vitamin D bekerjasama dengan Divisi Geriatri, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yang telah diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.

Seperti yang tercantum dari hasil telaah tersebut, vitamin D mempunyai peranan fisiologis yang jauh lebih luas daripada apa yang sebelumnya diketahui. Oleh karena itu, pemanfaatannya dalam klinis hendaknya dapat diperluas demi peningkatan kesehatan kita semua.

Melengkapi naskah-naskah tersebut, dapat pula dipelajari naskah mengenai intoleransi makanan dan beberapa naskah lain, termasuk laporan kasus yang diharapkan bisa mempertajam kemampuan diagnostik dan tata laksana dalam praktik sehari-hari.

Cover Page

Vol 49, No 6 (2022): Nutrisi

Berapa banyak di antara Sejawat yang memperhatikan masalah tidur? Mungkin tidak terlalu banyak, meskipun praktis sepertiga masa kehidupan kita dilewatkan di tempat tidur. Masalah tidur sebenarnya sudah cukup lama menjadi perhatian kalangan medis, terutama dikaitkan dengan kondisi mental. Laporan hasil penelitian terkait masalah memori sebaiknya ditindaklanjuti dengan penelitian yang lebih besar dan terstruktur agar bisa mendapatkan hasil yang dapat dimanfaatkan dalam klinik.

Beberapa artikel yang juga penting antara lain mengenai ARV baru; fokus dunia medis pada masalah COVID-19 hendaknya tidak mengurangi perhatian kita pada perkembangan tata laksana penyakit-penyakit lain.

Pada Sejawat yang ‘melek teknologi’ dapat menikmati artikel yang membahas AI (artificial intelligence) untuk membantu diagnosis; dalam hal ini ASD (autistic spectrum disorders). Dengan kemajuan teknologi dan bertambahnya pengalaman klinis, tidak mustahil metode ini juga akan berguna untuk tata laksana penyakit-penyakit lain.

Cover Page

Vol 49, No 5 (2022): Jantung dan Saraf

Cermin Dunia Kedokteran edisi ini hadir dengan topik bahasan yang beragam, tetapi selalu diupayakan dapat memberikan penyegaran pengetahuan bagi para pembaca setia kami.

Hasil penelitian mengenai profil karsinoma serviks hendaknya menyadarkan kita semua tentang perlunya kampanye masyarakat guna deteksi dini dengan harapan prognosis yang lebih baik. Artikel beberapa aspek praktis tata laksana resusitasi neonatus seyogyanya juga bisa menambah wawasan guna tata laksana pasien dengan lebih lengkap.

Cover Page

Vol 49, No 4 (2022): Infeksi - COVID-19

Dunia sampai saat ini masih disibukkan dengan masalah COVID-19 yang belum juga dapat diatasi sepenuhnya. Edisi Cermin Dunia Kedokteran ini kembali menerbitkan beberapa artikel yang mengulas beberapa aspek diagnostik dan tata laksana COVID-19, dengan harapan bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca sekalian.

Sekalipun demikian, masalah kesehatan lain hendaknya tidak terabaikan; dua artikel pada edisi ini membahas topik infertilitas dan dismenore, semoga bisa menyegarkan pengetahuan mengenai masalah-masalah ginekologi ini.

Cover Page

Vol 49, No 3 (2022): Saraf

Beberapa masalah neurologi akan dapat sejawat telaah dalam edisi CDK ini, antara lain studi penggunaan asam valproat di kalangan penyandang epilepsi dan bahasan manifestasi neurooftalmologi – suatu cabang ilmu neurologi yang sebenarnya tidak membutuhkan banyak bantuan alat canggih, tetapi berguna dalam diagnostik – sehingga seyogyanya juga dapat dikuasai oleh kalangan yang lebih luas.

Di tengah kesibukan dunia menghadapi pandemi COVID 19 yang belum berakhir, dunia medis hendaknya juga tetap memperhatikan dan meneliti aspek lain yang juga penting bagi kesejahteraan di masa depan; untuk itu, bahasan terapi berbasis sel kiranya bisa menyediakan informasi mengenai potensinya yang besar bagi kesejahteraan manusia di masa mendatang.

Cover Page

Vol 49, No 2 (2022): Infeksi

Cermin Dunia Kedokteran (CDK) kali ini menerbitkan artikel seputar mukormikosis – penyakit yang relatif jarang, tetapi perlu diwaspadai mengingat manifestasinya yang beragam mengenai berbagai sistem organ.

Penyakit lain yang relatif jarang dibicarakan adalah lepra atau Morbus Hansen (MH); kami mengharapkan adanya laporan serupa dari daerah lain, sehingga memberikan gambaran situasi yang lebih lengkap, yang berguna bagi perencanaan penanggulangan yang lebih baik.

Cover Page

Vol 49, No 1 (2022): Bedah

Beberapa masalah bedah mengisi edisi ini, antara lain mengenai tatalaksana rekonstruksi wajah dan masalah ortopedi; kendati pembahasannya agak spesifik teknis, ada baiknya juga dipahami oleh kita semua; begitu juga dengan beberapa aspek pemeriksaan radiologi, seperti yang dibahas pada salah satu artikel di edisi ini.


2021

Cover Page

Vol 48, No 12 (2021): General Medicine

Di penghujung tahun 2021, CDK menjumpai para pembaca setia sekalian, semoga dalam keadaan yang tetap sehat sejahtera;kita semua berharap agar pandemi dapat segera diatasi, sementara kewaspadaan tentu harus tetap dijaga. Artikel risiko trombosis pada COVID-19 hendaknya mengingatkan kita semua mengenai risiko komplikasi COVID-19.

Artikel lain mengenai penyakit yang mulai dilupakan, yaitu skabies, baik dari segi diagnostik maupun tatalaksananya; dilengkapi dengan dua kasus ortopedi, kiranya bisa menjadi penyegar pengetahuan; juga tentunya artikel tatalaksana robekan aurikula,kasus yang mungkin jarang dijumpai, tetapi membutuhkan keterampilan klinis yang tinggi.

Seperti biasa dilengkapi dengan beberapa artikel mutakhir, selamat membaca; sampai berjumpa kembali di tahun mendatang dalam keadaan yang lebih baik dan sehat bagi semua

Cover Page

Vol 48, No 11 (2021): Kardio-SerebroVaskular

CDK (Cermin Dunia Kedokteran) kembali mengunjungi sejawat sekalian dengan berbagai topik bahasan, beberapa di antaranya seputar COVID-19; pandemi yang kita semua harapkan bisa segera berakhir.

Aspek kesehatan COVID-19 saat ini tidak lagi hanya masalah tata laksana akut, melainkan sudah meluas ke berbagai ‘komplikasi’ lambat, baik mengenai sistem organ maupun secara psikologis, termasuk juga di kalangan anak. Beberapa bahasan masalah tersebut diharapkan dapat memperluas wawasan agar bisa ditatalaksana dengan sebaik-baiknya.

Cover Page

Vol 48, No 10 (2021): CME - Continuing Medical Education

Cermin Dunia Kedokteran (CDK) kembali menjumpai sejawat sekalian dalam edisi khusus CME, kali ini sebagian besar berkaitan dengan aspek nutrisi/defisiensi. Masalah dislipidemia sudah sering dibahas karena dianggap merupakan faktor penting dalam tatakelola penyakit-penyakit metabolik;bahasan kali ini terkait dengan penyakit kardiovaskular. Demikian juga mengenai vitamin D, topik yang tetap aktual dan sudah beberapa kali dikupas, hendaknya tetap bermanfaat dalam praktik klinik. Artikel tentang pemanfaatan aplikasi seluler, dalam hal ini untuk pemantauan pasien DM, tentu akan sangat berguna, terutama di masa pandemi yang sangat membatasi interaksi fisik dokter-pasien.

Kami berharap bahwa edisi ini tetap dapat bermanfaat bagi penyegaran dan penambahan pengetahuan sejawat sekalian, di tengah keterbatasan kontak personal yang menghalangi interaksi ‘konvensional’ seperti tradisi kedokteran ‘lama’; ada baiknya kita semua bersiap untuk meninggalkan paradigma lama guna menyiapkan diri untuk tatacara dan perilaku ‘baru’ yang bisa mengadaptasi perubahan besar yang sedang kita hadapi bersama.


1 - 15 of 110 Items     1 2 3 4 5 6 7 8 > >>