Archives

  • General Medicine
    Vol. 51 No. 5 (2024)

    Several sexuality topics are covered in this issue; issues that are still relatively rarely discussed openly, perhaps even in medical circles. It is time for these issues to be discussed in a more straightforward manner in order to provide valid information and data that can be used for adequate counseling and management. Although not many (prospective) patients are yet able to openly discuss them, the medical community should be ready to provide quality counseling and services. The openness of the world of communication and information should improve the knowledge and quality of counseling for health services that are more equitable to all people, thereby reducing sexual health risks caused by public ignorance.

    Another problem that may be 'hidden' is hypertension in children, especially those who are obese, perhaps due to the notion that hypertension is an 'adult problem' and the specificity of how it is measured. Vigilance about this needs to be increased given its potential long-term complications in adulthood.

  • Ophtalmology
    Vol. 51 No. 4 (2024)

    Several articles on ophthalmology are included in this issue of CDK, including an epidemiological study conducted at a community health center; although still relatively descriptive, the results can be used as a basis for further more complete and comprehensive studies, which can be carried out at their respective workplaces in order to obtain a more complete picture of the disease concerned. Such data will be very useful for future management plans. The discussion on interstitial lung disease is expected to refresh the knowledge of colleagues, especially those working in the first line of health services for better detection and management.

  • Neurology
    Vol. 51 No. 3 (2024)

    Low back pain is a complaint that has a lot to do with daily habits or body positioning and, as reported in one of the articles in this issue, should be addressed to prevent further morbidity. Brainstem hemorrhage is an important topic of discussion as it is still difficult to treat, as is craniopharyngioma; however, this should not detract from efforts to maximize its management.


    Case reports of snake bites are interesting, even though they are rare, especially in big cities. Also of interest is the discussion on the benefits of influenza vaccination, something that the medical community should start paying attention to, especially its benefits among the elderly and comorbid patients.

  • Dermatology
    Vol. 51 No. 2 (2024)

    Sejawat dokter yang berpraktik di kota-kota besar mungkin sudah tidak lagi menjumpai kasus-kasus penyakit kulit tertentu dan malaria, yang sesungguhnya masih merupakan masalah kesehatan penting di daerah-daerah yang jauh dari jangkauan fasilitas kesehatan yang lebih lengkap; bahasan topik-topik tersebut seyogyanya menyadarkan kita bahwa masalah kesehatan yang perlu dihadapi masihlah sangat beragam.

    Bagi yang berminat pada penyakit-penyakit degeneratif, bahasan tata laksana stroke dan diabetes melitus diharapkan dapat menambah wawasan, masih dilengkapi dengan artikel hasil lomba CDK Awards 2023 dengan topik citicoline yang membuka kemungkinan pemanfaatannya di bidang selain neurologi.

  • General Medicine
    Vol. 51 No. 1 (2024)

    Kendati pandemi COVID-19 sudah mereda, efek pembatasan kegiatan masyarakat yang pernah diterapkan masih terus diteliti dampaknya terhadap kehidupan di masa-masa selanjutnya; tentu diharapkan pengaruhnya tidak terlalu bermakna seperti yang ditunjukkan pada hasil penelitian di kalangan mahasiswa kedokteran yang diterbitkan di edisi ini.

    Sementara itu, kewaspadaan terhadap penyakit-penyakit endemis lain hendaknya tetap terpelihara, seperti masalah terkait demam dengue dan tuberkulosis. Dua artikel yang membahas peranan senyawa ‘alami’ dan sinbiotik diharapkan dapat memperluas pilihan tata laksana berbagai kondisi klinis, dengan memberdayakan sumber-sumber yang sudah tersedia di sekitar kita.

  • Internal Medicine
    Vol. 50 No. 12 (2023)

    Kendati COVID-19 sudah mereda, bahkan sudah dinyatakan selesai pandemi, beberapa potensi masalah pasca-COVID-19 hendaknya masih perlu diwaspadai; dua artikel tinjauan COVID-19 dan vaksinasinya hendaknya dapat menjadi pengingat akan risiko pasca-COVID-19 yang masih tetap perlu dipantau.

    Edisi ini juga menerbitkan artikel yang membahas penggunaan antibiotik, sesuatu yang akan tetap selalu aktual dalam praktik, terutama karena penggunaannya yang makin meluas serta memerlukan panduan dan kendali yang jelas; hal ini diperlukan untuk menghindari masalah resistensi antibiotik yang potensial menjadi masalah serius di kemudian hari.

    Tinjauan mengenai telerehabilitasi kiranya menarik untuk didalami, juga kemungkinannya untuk diterapkan di bidang kesehatan yang lebih luas; kemajuan teknologi yang pesat dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.

  • Pediatric
    Vol. 50 No. 11 (2023)

    Edisi Cermin Dunia Kedokteran yang kali ini banyak diisi artikel yang membahas berbagai aspek kesehatan anak. Pentingnya ASI eksklusif kiranya tidak perlu dipertanyakan lagi, diperkuat dengan hasil penelitian di RSUD Wangaya yang mengawali edisi ini. Disusul dengan beberapa artikel mengenai penyakit infeksi yang sering dijumpai di kalangan anak, seperti diare, infeksi Streptococcus, varisela, penanda sepsis, serta dilengkapi laporan kasus. Pengetahuan mengenai gambaran diagnostik beberapa tipe demensia juga kiranya dapat menambah kemampuan klinis untuk dimanfaatkan dalam pengelolaan pasien lanjut usia.

    Edisi ini juga menerbitkan artikel telaah kritis citicoline yang terpilih sebagai yang terbaik pada Lomba Karya Tulis Ilmiah CDK Awards 2023; lomba ini telah diselenggarakan bersamaan dengan KONAS PERDOSNI 2023 pada bulan Agustus. CDK mengucapkan terima kasih kepada para juri dan panitia atas kerja sama yang sangat baik, yang sangat diharapkan dapat tetap terpelihara. Artikel pemenang dan peserta lain akan diterbitkan bertahap di edisi-edisi CDK mendatang.

    Sumber gambar: Envato Element.

  • General Medicine
    Vol. 50 No. 10 (2023)

    Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan studi mahasiswa kedokteran, salah satunya kecerdasan emosional, mengingat dunia praktik kedokteran akan berhubungan dengan pasien dalam berbagai kondisi yang melibatkan banyak hal dan memiliki konsekuensi emosional, baik pada pasien, keluarga, maupun petugas kesehatan. Dalam konteks ini, hasil penelitian pendahuluan di Universitas Tanjungpura dapat kiranya bermanfaat bagi pengembangan pendidikan kedokteran di masa mendatang.

    Artikel mengenai meningitis tuberkulosis diharapkan bisa menyegarkan kembali pengetahuan para sejawat mengenai masalah yang tetap penting dan masih dijumpai  dalam praktik. Dua artikel yang menyinggung  gaya hidup – konsumsi cokelat  dan kebiasaan merokok – patut disimak dalam kaitannya dengan risiko kesehatan, mengingatkan kita akan pentingnya pengaruh kebiasaan terhadap status kesehatan.

  • Internal Medicine
    Vol. 50 No. 9 (2023)

    Penelitian di Universitas Tanjungpura hendaknya dapat memberi informasi tambahan yang berguna bagi upaya peningkatan kesuksesan para mahasiswa kedokteran agar dapat menyelesaikan pendidikannya dengan memuaskan.

    Tiga artikel mengenai hiponatremia diharapkan menyegarkan kembali pengetahuan agar selalu mewaspadainya dalam praktik sehari-hari, mengingat potensinya dalam memengaruhi prognosis. Selain itu, dalam suasana prihatin polusi udara, artikel risiko pneumonia di kalangan anak dapat memberi tambahan informasi untuk dapat tetap memerhatikan risikonya; demikian pula dengan artikel diagnostik massa ovarium di edisi ini, hendaknya dapat meningkatkan keterampilan sejawat sekalian.

    Sumber gambar cover: Prostock-studio - Envato element

  • Dermatology
    Vol. 50 No. 8 (2023)

    CDK edisi ini menerbitkan artikel yang membahas berbagai masalah kesehatan, diawali dengan studi penggunaan antiplatelet di kalangan pasien stroke iskemik; diharapkan data awal ini bisa digunakan sebagai pembanding bagi studi-studi selanjutnya di lokasi lain, agar bisa diperoleh gambaran pola tata laksana stroke iskemik yang lebih baik guna rujukan dan pedoman di masa mendatang.

    Beberapa masalah kulit seperti hiperpigmentasi, terapi zoster pada lanjut usia dapat ditelaah, juga masalah skabies yang sudah lama terlupakan, apalagi di kota-kota dengan sanitasi dan kebersihan lingkungan yang lebih baik.

    Dilengkapi dengan beberapa tinjauan teknik bedah, baik untuk keganasan maupun untuk sindrom kompartemen, diharapkan dapat memperluas wawasan sejawat sekalian. Artikel yang juga menarik adalah bahasan mengenai intoksikasi jengkol.

  • Cardiovascular
    Vol. 50 No. 7 (2023)

    Penatalaksanaan suatu penyakit tidaklah cukup dengan pendekatan farmakologis saja, karena ketaatan berobat juga penting, terutama untuk kondisi-kondisi kronis seperti hipertensi yang memerlukan pendekatan menyeluruh; untuk itu pengetahuan, sikap, dan perilaku para penderitanya perlu dipahami demi tata laksana yang lebih komprehensif; ditambah dengan tinjauan pengaruh merokok pada risiko penyakit kardiovaskular, hendaknya bisa menambah kemampuan konseling untuk penanganan yang lebih baik.

    Tinjauan mengenai risiko perjalanan udara pada pasien penyakit jantung kiranya dapat bermanfaat; dengan bertambah mudahnya perjalanan udara, akan makin banyak orang, baik sehat maupun sakit, yang akan melakukannya, sehingga patut dipahami hal- hal apa saja yang patut diwaspadai.

  • Edisi CME
    Vol. 50 No. 6 (2023)

    Untuk bisa tetap memelihara keterampilan klinis dan pengetahuan para Sejawat, Cermin Dunia Kedokteran (CDK) ini merupakan edisi khusus CME (Continuing Medical Education) yang sebagian besar berisikan artikel dengan pertanyaan CME; dengan topik yang beragam agar bisa memenuhi kebutuhan saat ini yang berkembang pesat.

    Harapan kami tentu agar artikel yang terbit di CDK dapat selalu memenuhi keinginan dan menambah pengetahuan yang berguna dalam menjalankan praktik sehari-hari, untuk itu umpan balik dan saran selalu kami harapkan.

1-12 of 75