Archives - Page 2

  • General Medicine
    Vol. 50 No. 10 (2023)

    Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan studi mahasiswa kedokteran, salah satunya kecerdasan emosional, mengingat dunia praktik kedokteran akan berhubungan dengan pasien dalam berbagai kondisi yang melibatkan banyak hal dan memiliki konsekuensi emosional, baik pada pasien, keluarga, maupun petugas kesehatan. Dalam konteks ini, hasil penelitian pendahuluan di Universitas Tanjungpura dapat kiranya bermanfaat bagi pengembangan pendidikan kedokteran di masa mendatang.

    Artikel mengenai meningitis tuberkulosis diharapkan bisa menyegarkan kembali pengetahuan para sejawat mengenai masalah yang tetap penting dan masih dijumpai  dalam praktik. Dua artikel yang menyinggung  gaya hidup – konsumsi cokelat  dan kebiasaan merokok – patut disimak dalam kaitannya dengan risiko kesehatan, mengingatkan kita akan pentingnya pengaruh kebiasaan terhadap status kesehatan.

  • Internal Medicine
    Vol. 50 No. 9 (2023)

    Penelitian di Universitas Tanjungpura hendaknya dapat memberi informasi tambahan yang berguna bagi upaya peningkatan kesuksesan para mahasiswa kedokteran agar dapat menyelesaikan pendidikannya dengan memuaskan.

    Tiga artikel mengenai hiponatremia diharapkan menyegarkan kembali pengetahuan agar selalu mewaspadainya dalam praktik sehari-hari, mengingat potensinya dalam memengaruhi prognosis. Selain itu, dalam suasana prihatin polusi udara, artikel risiko pneumonia di kalangan anak dapat memberi tambahan informasi untuk dapat tetap memerhatikan risikonya; demikian pula dengan artikel diagnostik massa ovarium di edisi ini, hendaknya dapat meningkatkan keterampilan sejawat sekalian.

    Sumber gambar cover: Prostock-studio - Envato element

  • Dermatology
    Vol. 50 No. 8 (2023)

    CDK edisi ini menerbitkan artikel yang membahas berbagai masalah kesehatan, diawali dengan studi penggunaan antiplatelet di kalangan pasien stroke iskemik; diharapkan data awal ini bisa digunakan sebagai pembanding bagi studi-studi selanjutnya di lokasi lain, agar bisa diperoleh gambaran pola tata laksana stroke iskemik yang lebih baik guna rujukan dan pedoman di masa mendatang.

    Beberapa masalah kulit seperti hiperpigmentasi, terapi zoster pada lanjut usia dapat ditelaah, juga masalah skabies yang sudah lama terlupakan, apalagi di kota-kota dengan sanitasi dan kebersihan lingkungan yang lebih baik.

    Dilengkapi dengan beberapa tinjauan teknik bedah, baik untuk keganasan maupun untuk sindrom kompartemen, diharapkan dapat memperluas wawasan sejawat sekalian. Artikel yang juga menarik adalah bahasan mengenai intoksikasi jengkol.

  • Cardiovascular
    Vol. 50 No. 7 (2023)

    Penatalaksanaan suatu penyakit tidaklah cukup dengan pendekatan farmakologis saja, karena ketaatan berobat juga penting, terutama untuk kondisi-kondisi kronis seperti hipertensi yang memerlukan pendekatan menyeluruh; untuk itu pengetahuan, sikap, dan perilaku para penderitanya perlu dipahami demi tata laksana yang lebih komprehensif; ditambah dengan tinjauan pengaruh merokok pada risiko penyakit kardiovaskular, hendaknya bisa menambah kemampuan konseling untuk penanganan yang lebih baik.

    Tinjauan mengenai risiko perjalanan udara pada pasien penyakit jantung kiranya dapat bermanfaat; dengan bertambah mudahnya perjalanan udara, akan makin banyak orang, baik sehat maupun sakit, yang akan melakukannya, sehingga patut dipahami hal- hal apa saja yang patut diwaspadai.

  • Edisi CME
    Vol. 50 No. 6 (2023)

    Untuk bisa tetap memelihara keterampilan klinis dan pengetahuan para Sejawat, Cermin Dunia Kedokteran (CDK) ini merupakan edisi khusus CME (Continuing Medical Education) yang sebagian besar berisikan artikel dengan pertanyaan CME; dengan topik yang beragam agar bisa memenuhi kebutuhan saat ini yang berkembang pesat.

    Harapan kami tentu agar artikel yang terbit di CDK dapat selalu memenuhi keinginan dan menambah pengetahuan yang berguna dalam menjalankan praktik sehari-hari, untuk itu umpan balik dan saran selalu kami harapkan.

  • General Medicine
    Vol. 50 No. 5 (2023)

    CDK edisi ini menerbitkan beberapa artikel diagnostik yang dikembangkan sesuai kemajuan teknologi demi akurasi dan kenyamanan pasien yang lebih baik, Sejawat bisa mendapatkan informasi lebih baik mengenai pencitraan untuk kelainan jantung dan teknik histerosalpingografi; kendati merupakan pemeriksaan spesialistik, bahasannya diharapkan dapat memperluas pengetahuan dan wawasan kita bersama.

  • Pediatric
    Vol. 50 No. 4 (2023)

    CDK edisi ini berisi artikel pembahasan berbagai aspek ilmu kedokteran; dua artikel mengenai kesehatan anak, yaitu tata laksana croup dan masalah perawakan pendek, ditambah dengan tinjauan potensi pendekatan baru tata laksana pneumonia anak, diharapkan bisa meningkatkan kompetensi klinis yang diperlukan untuk mengelola masalah kesehatan yang memang sering dijumpai dalam praktik.

    Tinjauan mengenai beberapa kondisi klinis yang relatif jarang dijumpai, seperti insulinoma dan prolaktinoma kiranya bisa berguna untuk meningkatkan kewaspadaan klinis; juga perihal pentingnya mikronutrien selama masa kehamilan, kiranya perlu dipahami untuk pelayanan kesehatan yang lebih baik.

    Sumber gambar cover: Envato Element

  • Cardiology
    Vol. 50 No. 3 (2023)

    Asma tidak jarang dijumpai dalam praktik karena termasuk penyakit yang relatif sering ditemukan di masyarakat, dan para penyandangnya bisa mengalami kondisi medis lain secara bersamaan, termasuk kondisi hamil. Oleh karena itu, para Sejawat tentu diharapkan bisa mengantisipasinya dengan memahami prinsip tatalaksananya. Berkaitan tujuan tersebut, bahasan rinci yang kami terbitkan di edisi ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan agar bisa memahaminya dengan lebih baik, sehingga lebih kompeten dalam praktik sehari-hari.

    Beberapa naskah mengenai kardiologi antara lain tata laksana gagal jantung pada anak, laporan kasus dan uraian teknik perikardiosentesis diharapkan bisa menambah pengetahuan yang bisa digunakan dalam tata laksana pasien; dilengkapi dengan tinjauan mengenai terapi stroke akut – penyakit yang berpotensi menyebabkan kematian dan kecacatan bermakna.

  • Internal Medicine
    Vol. 50 No. 2 (2023)

    Adakah kaitan antara keluhan somatik dengan situasi emosional? Telah banyak terapi dan hipotesis diajukan; demikian juga banyak penelitian yang mencoba mengungkapkan hubungan tersebut; penelitian pendahuluan yang diterbitkan di edisi ini tentu akan lebih baik jika dilanjutkan dengan penelitian-penelitian yang lebih mendalam dan luas agar dapat memberikan informasi yang lebih baik.

    Artikel monkeypox hendaknya bisa memberikan informasi lebih baik mengenai penyakit yang pernah menghebohkan ini; demikian juga dengan bahasan tentang keracunan glikol dan etilen glikol yang telah meramaikan dunia kesehatan serta menimbulkan kekhawatiran publik.

  • Ophtalmology
    Vol. 50 No. 1 (2023)

    Selamat berjumpa kembali di tahun baru 2023 dengan semangat baru dalam kondisi kesehatan masyarakat yang lebih baik, dengan harapan makin meredanya kondisi pandemi; meskipun demikian, hendaknya kebiasaan hidup sehat dapat tetap dipelihara.

    Kewaspadaan terhadap potensi penyebaran penyakit lain juga hendaknya tetap terjaga, antara lain dengan munculnya monkeypox yang sempat me’ramai’kan dunia kesehatan; bahasan atas penyakit ini diharapkan dapat menambah wawasan dan kewaspadaan sejawat sekalian.

    Laporan pendahuluan atas hasil penelitian tanaman obat kiranya perlu ditindaklanjuti dengan rancangan penelitian yang lebih mendalam, mengingat tradisi penggunaannya di masyarakat dan potensi pemanfaatannya yang sangat luas. Beberapa artikel lain seperti tata laksana asma dan manajemen ulkus lepra hendaknya dapat tetap meningkatkan kompetensi dan berguna dalam praktik sehari-hari.

  • Dermatology
    Vol. 49 No. 12 (2022)

    Peranan tipe kepribadian dalam pencapaian prestasi akademik di kalangan mahasiswa kedokteran telah ditelaah dalam salah satu artikel di edisi ini; kendati merupakan penelitian pendahuluan, hasilnya diharapkan dapat menjadi pijakan untuk penelitian-penelitian lanjutan yang lebih besar dan komprehensif.   Artikel lain isinya bervariasi, sebagian besar berkaitan dengan masalah imunitas jaringan, baik dalam bentuk penyakit tertentu maupun pemanfaatannya sebagai salah satu pilihan terapi di masa mendatang; antara lain kemungkinan pengembangan salah satu tanaman obat sebagai alternatif dalam praktik klinis nantinya.   Sumber image cover: Envato Element
  • Neurologi
    Vol. 49 No. 11 (2022)

    Epilepsi merupakan salah satu penyakit tertua yang telah dideskripsikan oleh Hippocrates, bahkan istilah epilepsi berasal dari bahasa Yunani; kendati demikian masih banyak aspek yang perlu dipelajari demi tata laksana yang memuaskan; Cermin Dunia Kedokteran edisi ini menerbitkan beberapa artikel yang bersinggungan dengan masalah tersebut, diawali dari analisis hubungannya dengan fungsi kognitif, dilengkapi dengan bahasan kaitannya dengan trauma kapitis dan diet ketogenik sebagai salah satu alternatif tata laksana serta aspek psikogenik bangkitan; semuanya diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik, sehingga dapat merencanakan tata laksana yang lebih tepat.   Tinjauan mengenai nutrisi parenteral untuk bayi dan anak kiranya dapat menambah keterampilan dalam menangani masalah keseimbangan cairan dan nutrisi dengan beberapa kekhususannya dibandingkan pada dewasa.   Dilengkapi beberapa artikel lain, diharapkan dapat tetap berguna bagi tambahan pengetahuan dan kompetensi sejawat sekalian.
13-24 of 80