Archives - Page 2

  • Internal Medicine
    Vol. 50 No. 2 (2023)

    Adakah kaitan antara keluhan somatik dengan situasi emosional? Telah banyak terapi dan hipotesis diajukan; demikian juga banyak penelitian yang mencoba mengungkapkan hubungan tersebut; penelitian pendahuluan yang diterbitkan di edisi ini tentu akan lebih baik jika dilanjutkan dengan penelitian-penelitian yang lebih mendalam dan luas agar dapat memberikan informasi yang lebih baik.

    Artikel monkeypox hendaknya bisa memberikan informasi lebih baik mengenai penyakit yang pernah menghebohkan ini; demikian juga dengan bahasan tentang keracunan glikol dan etilen glikol yang telah meramaikan dunia kesehatan serta menimbulkan kekhawatiran publik.

  • Ophtalmology
    Vol. 50 No. 1 (2023)

    Selamat berjumpa kembali di tahun baru 2023 dengan semangat baru dalam kondisi kesehatan masyarakat yang lebih baik, dengan harapan makin meredanya kondisi pandemi; meskipun demikian, hendaknya kebiasaan hidup sehat dapat tetap dipelihara.

    Kewaspadaan terhadap potensi penyebaran penyakit lain juga hendaknya tetap terjaga, antara lain dengan munculnya monkeypox yang sempat me’ramai’kan dunia kesehatan; bahasan atas penyakit ini diharapkan dapat menambah wawasan dan kewaspadaan sejawat sekalian.

    Laporan pendahuluan atas hasil penelitian tanaman obat kiranya perlu ditindaklanjuti dengan rancangan penelitian yang lebih mendalam, mengingat tradisi penggunaannya di masyarakat dan potensi pemanfaatannya yang sangat luas. Beberapa artikel lain seperti tata laksana asma dan manajemen ulkus lepra hendaknya dapat tetap meningkatkan kompetensi dan berguna dalam praktik sehari-hari.

  • Dermatology
    Vol. 49 No. 12 (2022)

    Peranan tipe kepribadian dalam pencapaian prestasi akademik di kalangan mahasiswa kedokteran telah ditelaah dalam salah satu artikel di edisi ini; kendati merupakan penelitian pendahuluan, hasilnya diharapkan dapat menjadi pijakan untuk penelitian-penelitian lanjutan yang lebih besar dan komprehensif.   Artikel lain isinya bervariasi, sebagian besar berkaitan dengan masalah imunitas jaringan, baik dalam bentuk penyakit tertentu maupun pemanfaatannya sebagai salah satu pilihan terapi di masa mendatang; antara lain kemungkinan pengembangan salah satu tanaman obat sebagai alternatif dalam praktik klinis nantinya.   Sumber image cover: Envato Element
  • Neurologi
    Vol. 49 No. 11 (2022)

    Epilepsi merupakan salah satu penyakit tertua yang telah dideskripsikan oleh Hippocrates, bahkan istilah epilepsi berasal dari bahasa Yunani; kendati demikian masih banyak aspek yang perlu dipelajari demi tata laksana yang memuaskan; Cermin Dunia Kedokteran edisi ini menerbitkan beberapa artikel yang bersinggungan dengan masalah tersebut, diawali dari analisis hubungannya dengan fungsi kognitif, dilengkapi dengan bahasan kaitannya dengan trauma kapitis dan diet ketogenik sebagai salah satu alternatif tata laksana serta aspek psikogenik bangkitan; semuanya diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik, sehingga dapat merencanakan tata laksana yang lebih tepat.   Tinjauan mengenai nutrisi parenteral untuk bayi dan anak kiranya dapat menambah keterampilan dalam menangani masalah keseimbangan cairan dan nutrisi dengan beberapa kekhususannya dibandingkan pada dewasa.   Dilengkapi beberapa artikel lain, diharapkan dapat tetap berguna bagi tambahan pengetahuan dan kompetensi sejawat sekalian.
  • Oftalmologi
    Vol. 49 No. 10 (2022)

    Selamat bertemu kembali di edisi Cermin Dunia Kedokteran dalam keadaan sehat walafiat; edisi ini menerbitkan dua artikel kesehatan mata, dilengkapi dengan bahasan mengenai cara terapi baru gagal jantung dan dua laporan kasus masalah kardiologi.     Artikel peran pemeriksaan laboratorium untuk menentukan derajat COVID-19, dilengkapi dengan beberapa berita terkini, kiranya dapat tetap memelihara kewaspadaan kita semua di masa pandemi yang masih belum berakhir.

     

  • Neurologi
    Vol. 49 No. 9 (2022)

    Beberapa masalah neurologi/saraf kembali menjadi topik bahasan naskah yang terbit di edisi Cermin Dunia Kedokteran ini. Cedera medulla spinalis masih merupakan masalah besar di bidang neurologi mengingat potensi kecacatannya yang besar sekalipun tata laksana sudah maksimal; dilengkapi dengan naskah mengenai risiko sindrom Guillain-Barre, baik saat terinfeksi COVID-19 maupun sebagai potensi efek samping vaksinasinya.   Di tengah kesibukan terkait COVID-19, masalah HIV tentunya tidak bisa diabaikan; tetaplah waspada terhadap potensi komplikasinya, antara lain infeksi oportunistik toksoplasma, khususnya di susunan saraf pusat. Ditambah dengan laporan penanganan fisioterapi untuk kasus cerebral palsy, tentunya menarik untuk bisa diterapkan dalam klinis.   Tidak ketinggalan adalah naskah yang mengulas manfaat vitamin D untuk berbagai kondisi penyakit, kali ini untuk berbagai kondisi kulit. Penanganan diabetes melitus pada anak juga dapat menambah wawasan dan kemampuan klinis sejawat sekalian.
  • Dermatologi
    Vol. 49 No. 8 (2022)

    Edisi Cermin Dunia Kedokteran ini berisi artikel-artikel mengenai kesehatan kulit; yang menarik di antaranya bahasan manifestasi kulit pada COVID-19 yang dapat menambah ketajaman diagnosis. Artikel peranan merokok pada (risiko) karsinoma hepatoseluler kiranya dapat menambah kewaspadaan kita semua perihal efek merugikan dari merokok, yang ternyata tidak hanya terbatas pada sistem respirasi dan kardiovaskular.

    Bagi Sejawat yang berminat pada masalah-masalah pencegahan, artikel peran social media tentunya bisa diambil manfaatnya untuk merancang strategi kampanye kesehatan masyarakat yang lebih tepat sasaran.

  • Nutrition - Vitamin D
    Vol. 49 No. 7 (2022)

    Selamat berjumpa lagi di edisi Cermin Dunia Kedokteran yang kali ini menerbitkan beberapa naskah yang diikutsertakan dalam lomba penulisan naskah vitamin D bekerjasama dengan Divisi Geriatri, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yang telah diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.

    Seperti yang tercantum dari hasil telaah tersebut, vitamin D mempunyai peranan fisiologis yang jauh lebih luas daripada apa yang sebelumnya diketahui. Oleh karena itu, pemanfaatannya dalam klinis hendaknya dapat diperluas demi peningkatan kesehatan kita semua.

    Melengkapi naskah-naskah tersebut, dapat pula dipelajari naskah mengenai intoleransi makanan dan beberapa naskah lain, termasuk laporan kasus yang diharapkan bisa mempertajam kemampuan diagnostik dan tata laksana dalam praktik seharihari.

  • Nutrition
    Vol. 49 No. 6 (2022)

    Berapa banyak di antara sejawat yang memperhatikan masalah tidur? Mungkin tidak terlalu banyak, meskipun praktis sepertiga masa kehidupan kita dilewatkan di tempat tidur. Masalah tidur sebenarnya sudah cukup lama menjadi perhatian kalangan medis, terutama dikaitkan dengan kondisi mental. Laporan hasil penelitian terkait masalah memori sebaiknya ditindaklanjuti dengan penelitian yang lebih besar dan terstruktur agar bisa mendapatkan hasil yang dapat dimanfaatkan dalam klinik.

    Beberapa artikel yang juga penting antara lain mengenai ARV baru; fokus dunia medis pada masalah COVID-19 hendaknya tidak mengurangi perhatian kita pada perkembangan tata laksana penyakit-penyakit lain.

    Pada Sejawat yang ‘melek teknologi’ dapat menikmati artikel yang membahas AI (artificial intelligence) untuk membantu diagnosis; dalam hal ini ASD (autistic spectrum disorders). Dengan kemajuan teknologi dan bertambahnya pengalaman klinis, tidak mustahil metode ini juga akan berguna untuk tata laksana penyakit-penyakit lain.

  • Neuro-Cardiovascular
    Vol. 49 No. 5 (2022)

    Cermin Dunia Kedokteran edisi ini hadir dengan topik bahasan yang beragam, tetapi selalu diupayakan dapat memberikan penyegaran pengetahuan bagi para pembaca setia kami.

    Hasil penelitian mengenai profil karsinoma serviks hendaknya menyadarkan kita semua tentang perlunya kampanye masyarakat guna deteksi dini dengan harapan prognosis yang lebih baik. Artikel beberapa aspek praktis tata laksana resusitasi neonatus seyogyanya juga bisa menambah wawasan guna tata laksana pasien dengan lebih lengkap.

    Beberapa artikel lain dengan bahasan mutakhir, dilengkapi dengan berita terkini juga dapat sejawat telaah agar tetap bisa mengikuti perkembangan dunia kedokteran yang pesat ini.

  • Internal Medicine
    Vol. 49 No. 4 (2022)

    Dunia sampai saat ini masih disibukkan dengan masalah COVID-19 yang belum juga dapat diatasi sepenuhnya. Edisi Cermin Dunia Kedokteran ini kembali menerbitkan beberapa artikel yang mengulas beberapa aspek diagnostik dan tata laksana COVID-19, dengan harapan bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca sekalian.

    Sekalipun demikian, masalah kesehatan lain hendaknya tidak terabaikan; dua artikel pada edisi ini membahas topik infertilitas dan dismenore, semoga bisa menyegarkan pengetahuan mengenai masalah-masalah ginekologi ini.

  • Neurology
    Vol. 49 No. 3 (2022)

    Beberapa masalah neurologi akan dapat sejawat telaah dalam edisi CDK ini, antara lain studi penggunaan asam valproat di kalangan penyandang epilepsi dan bahasan manifestasi neurooftalmologi – suatu cabang ilmu neurologi yang sebenarnya tidak membutuhkan banyak bantuan alat canggih, tetapi berguna dalam diagnostik – sehingga seyogyanya juga dapat dikuasai oleh kalangan yang lebih luas.

    Di tengah kesibukan dunia menghadapi pandemi COVID 19 yang belum berakhir, dunia medis hendaknya juga tetap memperhatikan dan meneliti aspek lain yang juga penting bagi kesejahteraan di masa depan; untuk itu, bahasan terapi berbasis sel kiranya bisa menyediakan informasi mengenai potensinya yang besar bagi kesejahteraan manusia di masa mendatang.

13-24 of 72