Archives

2015

Cover Page

Vol 42, No 8 (2015): Nutrisi

Diare masih merupakan salah satu penyebab utama kesakitan dan kematian di kalangan anak-anak, terutama di negara-negara berkembang; prevalensinya pun masih tetap tinggi, seperti yang tampak dari hasil penelitian di Mataram, NTB; meskipun sebagian besar tergolong ringan, penemuan ini hendaknya ditindaklanjuti dengan upaya pencegahan yang memadai. Tentu diharapkan bahwa angka kejadian diare di tempat lain lebih rendah, untuk itu diperlukan penelitian dan laporan dari sejawat sekalian.

Tatalaksana diare lebih rinci dibahas oleh artikel-artikel berikutnya, antara lain mengenai peranan somatostatin; disambung dengan beberapa artikel lain mengenai masalah nutrisi dan gastrointestinal.

Cover Page

Vol 42, No 7 (2015): Stem Cell

Penyalahgunaan zat dan narkotika masih akan tetap menjadi masalah kesehatan yang harus diperhatikan, ditambah dengan problem yang menyertainya, antara lain peningkatan risiko mengidap penyakit/ gangguan kesehatan lain; masalah ini dan pengaruhnya terhadap rencana pengobatan merupakan obyek penelitian yang hasilnya dibahas dalam salah satu artikel di edisi ini.

Beberapa artikel lain berkaitan dengan perkembangan penelitian stem cell, penyakit Alzheimer dan teknik perawatan luka, semuanya berkembang pesat ditunjang oleh kemajuan di bidang bio teknologi dan kimia. Berikutnya adalah bahasan mengenai konsep baru terapi diabetes melitus, penyakit yang makin tinggi prevalensinya sesuai dengan peningkatan harapan hidup umat manusia.

Cover Page

Vol 42, No 6 (2015): Malaria

Malaria mungkin sudah jarang dijumpai di kota-kota besar, ‘tergeser ‘ oleh banyaknya kasus demam berdarah; tetapi sesungguhnya penyakit infeksi ini masih merupakan masalah kesehatan yang penting diIndonesia, khususnya di daerah pedalaman dan di Indonesia Timur; topik inilah yang akan dibahas melalui beberapa artikel dalam edisi ini, dan hendaknya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan diagnostik dan penatalaksanaannya.

Hasil penelitian, kendati sederhana, tetapi menarik untuk disimak, yaitu mengenai khasiat jamu terhadap kadar kolesterol darah; hasil penelitian ini hendaknya bisa dilanjutkan dengan penelitian lanjutan agar memperkuat evidence khasiat jamu sehingga bisa lebih luas digunakan.

Artikel lain mengenai problem tuberkulosis di kalangan populasi khusus penderita diabetes melitus kiranya dapat menyegarkan pengetahuan sejawat sekalian.

Cover Page

Vol 42, No 5 (2015): Kardiologi

Rinitis merupakan keluhan yang sering dijumpai dalam klinik, yang dapat disebabkan baik oleh faktor alergi maupun nonalergi; dua penyebab tersebut dapat menyebabkan hipertrofi konka yang perlu dibedakan dari keadaan edema, mengingat rencana penatalaksanaannya yang berbeda.

Artikel lain adalah hasil penelitian mengenai kaitan obesitas dengan hipertensi, kendati ini merupakan masalah/issue lama, tetapi merupakan penegasan klinis kembali; dan penelitian semacam ini dapat menjadi pendahulu dari penelitian lanjutan yang lebih luas dan mendalam, sekaligus membuktikan bahwa penelitian tidak harus dilakukan di fasilitas pendidikan ataupun penelitian yang relatif lengkap sarananya.

Tidak kurang pentingnya adalah penelitian mengenai korelasi kelainan mata/oftalmopati dengan durasi hipertiroid; seperti telah diduga, kejadiannya akan meningkat sesuai dengan lamanya penyakit diderita.

Cover Page

Vol 42, No 4 (2015): Alergi

Diare akut, terutama di kalangan anak-anak, masih merupakan persoalan yang sering dijumpai dalam praktik sehari-hari; meskipun demikian, ternyata belum semuanya ditangani sesuai anjuran, seperti yang terlihat dari hasil penelitian yang diterbitkan di edisi ini; hal ini hendaknya menjadi perhatian bagi praktisi agar morbiditas dan mortalitas dapat ditekan serendah mungkin.

Masalah lain yang sering dijumpai adalah alergi, khususnya terhadap debu rumah, hal ini juga akan dibahas dalam salah satu artikel edisi ini; dilanjutkan dengan hal yang kelihatannya sepele – sadarkah sejawat bahwa warna kuku dan perubahannya dapat merupakan pertanda suatu penyakit yang lebih serius?

Beberapa hal yang juga akan dibahas antara lain mengenai neurorestorasi yang penting untuk berbagai defi sit neurologis, terutama setelah gangguan peredaran darah otak.

Cover Page

Vol 42, No 3 (2015): Nyeri

Setiap orang pasti pernah mengalami nyeri, dan nyeri merupakan salah satu alat ‘survival’ umat manusia untuk menghindari hal-hal yang membahayakan; tetapi jika menjadi kronis dan tidak lagi dikaitkan dengan potensi kerusakan jaringan, nyeri menjadi patologis dan harus ditatalaksana agar dapat memperbaiki kualitas hidup penderitanya.

Dalam praktek pun nyeri merupakan salah satu keluhan yang paling sering dijumpai; untuk dapat menanggulanginya dengan lebih baik, edisi ini membahas nyeri dari berbagai aspek, termasuk cara evaluasinya; sebagian makalah telah disajikan dan dibahas dalam Workshop: Pain Management for Primary Physicians di Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya beberapa waktu yang lalu.

 

Cover Page

Vol 42, No 2 (2015): Bedah

Menyusul beberapa laporan mengenai kasus rabies, khususnya diBali, edisi ini menerbitkan bahasan mengenai patofisiologinya, terutama dari teori neurotransmiter – sesuatu yang perlu dipahami untuk menuju penanganan yang lebih tepat.

Disambung dengan beberapa hasil penelitian mengenai aplikasi drain pasif pasca-mastektomi dan mengenai neglected fracture, diharapkan bisa membantu sejawat dalam menentukan pilihan tata laksana yang paling bermanfaat bagi masing-masing pasien.

Artikel lain adalah beberapa bahasan mengenai konsep baru sistim renin-angiotensin yang dapat memberikan pemahaman baru mengenai mekanisme hipertensi, juga mengenai masalah depresi di kalangan penderita penyakit jantung.

Cover Page

Vol 42, No 1 (2015): Neurologi

Salah satu hal yang sering dianggap berguna untuk mempertahankan daya ingat dan fungsi kognitif di kalangan lanjut usia adalah memelihara aktivitas, baik fisik maupun kognitif; laporan hasil penelitian di kalangan lanjut usia di Jakarta Barat mungkin bisa memperkuat anggapan tersebut, sekaligus merupakan landasan yang kuat bagi ‘nasehat umum’ tersebut.   

Artikel  bahasan  meningitis hendaknya mengingatkan kita bahwa penyakit ini masih berpotensi menimbulkan masalah kesehatan, hendaknya mendapat penatalaksanaan yang tepat, khususnya dalam pemilihan antibiotik.

Beberapa artikel membahas antara lain insufisiensi vena kronis yang lebih dikenal sebagai varises, termasuk beberapa cara penanganan mutakhir. Dan yang juga menarik diperhatikan adalah kemungkinan positif palsu pada uji / skrining narkoba – hal yang perlu diwaspadai mengingat konsekuensi medis dan sosialnya.


2014

Cover Page

Vol 41, No 12 (2014): Endokrin

Mengingat malaria merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih endemis di sebagian besar wilayahIndonesia, laporan penelitian dari Sikka dapat menjadi acuan dan perbandingan dengan situasi di wilayah sejawat. Redaksi akan sangat bergembira jika naskah ini disusul dengan naskah-naskah yang lebih komprehensif membahas masalah malaria ini.

 

Hal-hal yang juga menjadi topik bahasan edisi ini antara lain mengenai bentuk khusus diabetes melitus di kalangan usia muda, yang perlu dibedakan dari diabetes melitus pada umumnya. Tulisan mengenai air kelapa muda juga menarik mengingat banyaknya peredaran sediaan suplemen air kelapa muda di pasaran.

 

Cover Page

Vol 41, No 10 (2014): Hematologi

Perut kembung merupakan keluhan yang sering dijumpai, bahkan mungkin setiap orang pernah mengalaminya. Salah satu penyebab yang masih diperdebatkan patofisiologinya ialah irritable bowel syndrome, suatu sindrom kelainan fungsional yang dipengaruhi oleh faktor psikologis; beberapa aspek diagnostik dan penatalaksanaannya dapat dibaca pada edisi ini.

Penyakit rabies kembali akan dibahas, kali ini dengan analisis gejala yang tidak spesifik, agar sejawat dapat lebih waspada terhadap penyakit yang fatal ini. Masalah yang mungkin sering dijumpai adalah infeksi akibat pemasangan kateter, artikel yang membahas hal ini juga dapat sejawat baca pada edisi ini,

Juga dapat dibaca beberapa artikel mengenai hematologi; antara lain masalah anemia pada neonatus dan kemungkinan menggunakan hitung eosinofil sebagai salah satu alat diagnostik sepsis.

Cover Page

Vol 41, No 11 (2014): Infeksi

Salah satu fakta yang mungkin jarang diketahui adalah bahwa rabies ternyata tidak selalu diawali dengan spasme atau kejang; hal ini perlu diwaspadai olah para klinisi, terutama yang bekerja di daerah endemis rabies. Bahasan topik ini dapat dibaca pada edisi CDK ini.

Artikel lain yang tidak kalah menarik adalah kemungkinan menggunakan pemeriksaan gamma-glutamyl-transferase sebagai salah satu petanda risiko penyakit kardiovaskular, sesuatu yang dapat menambah ketepatan menilai risiko penyakit yang potensial mematikan ini. Dan bagi para sejawat yang banyak terlibat dalam penanganan pasien sehari-hari, artikel bahasan dermatitis atopik dapat lebih bersifat praktis dan aplikatif.

Cover Page

Vol 41, No 9 (2014): Diabetes Mellitus

Para Sejawat pasti pernah dan boleh jadi sedang mengelola pasien diabetes melitus (DM), penyakit yang sering dijumpai dalam praktik. Salah satu parameter pengendalian DM saat ini ialah pemeriksaan HbA1c yang dikatakan lebih akurat dibanding pemeriksaan gula darah biasa. Seluk-beluk mengenai pemeriksaan ini merupakan salah satu topik bahasan pada edisi ini. 

Tulisan mengenai nyeri kepala akibat penggunaan analgesik yang berlebihan juga menarik karena kedengarannya kontradiktif—mengapa bisa menderita nyeri kepala justru karena menggunakan obat pereda nyeri. Juga tidak kalah penting adalah bagaimana melakukan pertolongan darurat pada bayi dan anak. Diharapkan artikel di edisi ini dapat memberikan petunjuk yang berguna.

Cover Page

Vol 41, No 8 (2014): Pediatrik

Salah satu penyebab kecacatan yang penting di dunia dewasa ini adalah trauma medula spinalis, termasuk yang dialami oleh salah satu aktor kenamaan Amerika Serikat setelah terjatuh dari kuda. Masalah ini memang masih merupakan salah satu yang pelik di bidang  trauma susunan saraf meskipun beberapa penelitian telah menghasilkan beberapa kemajuan, seperti yang akan dibicarakan dalam salah satu artikel di edisi ini.

Artikel lain yang mungkin menarik justru tidak berkaitan dengan bahasan klinis, melainkan bagaimana dunia medis dan pendidikan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini.

Cover Page

Vol 41, No 7 (2014): Kardiologi

Jantung merupakan salah satu organ terpenting manusia, semua orang takut ‘sakit jantung’. Untuk bisa lebih memahaminya, beberapa artikel mengenai jantung merupakan sebagian topik bahasan CDK edisi ini. Pengetahuan dasar mengenai mekanisme komunikasi antar sel otot jantung diperlukan untuk lebih memahami patogenesis penyakit jantung. Diikuti dengan artikel yang lebih bersifat klinis, yang membahas kardiomiopati peripartum dan peranan antibiotik dalam penatalaksanaan penyakit jantung reumatik.

Artikel lain yang perlu disimak oleh klinisi ialah jenis nyeri kepala yang merupakan kegawatdaruratan, keadaan ini penting untuk dikenali secara dini agar dapat ditatalaksana dengan cepat dan tepat untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas.

Cover Page

Vol 41, No 6 (2014): Bedah

Mual dan muntah pasti merupakan salah satu keluhan yang sejawat jumpai dalam praktik sehari-hari, yang juga dapat dijumpai di kalangan pasien yang telah menjalani pembedahan; tata laksana yang baik akan sangat meringankan para penderitanya, oleh karena itu akan dibahas di salah satu artikel di edisi ini.

Masalah yang juga mungkin dikonsultasikan adalah jumlah trombosit yang rendah; apakah menandakan kelainan serius?  Sebelum memastikannya, perlu diwaspadai kemungkinan pseudotrombositopeni yang dapat berasal dari faktor teknis/laboratoris. 

Selain itu juga akan dibahas mengenai sklerosis multipel, kelainan neurologis yang masih jarang dijumpai, mungkin karena masih banyak yang belum mengenali gejala dan tandanya. Kendati pengobatan kausalnya masih diteliti, beberapa obat digunakan untuk mempengaruhi perjalanan penyakitnya. Topik lain yang tidak kalah menarik ialah penanganan suara serak yang sering berkaitan dengan ‘terlalu sering’ bersuara – kasus-kasus yang pasti pernah sejawat kelola.


91 - 105 of 110 Items     << < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >>