Archives

2014

Cover Page

Vol 41, No 5 (2014): Muskuloskeletal

Artikel mengenai fibromialgia dapat memberikan tambahan informasi mengenai keluhan yang menyusahkan tersebut,  agar sejawat dapat menatalaksanainya dengan baik dan memuaskan, sehingga pasien tetap bisa menjalankan aktivitas normal.

Sejawat yang masih ingat publikasi ‘manusia akar’ yang sempat menghebohkan, bahkan menarik para pakar dari mancanegara, dapat mengetahuinya lebih jauh melalui artikel yang membahas epidermodysplasia verruciformis, penyakit yang mendasari kelainan tersebut.

Bagi yang berminat mendalami masalah kulit, artikel lain yang juga membahas berbagai aspek dermatologi, antara lain alopesia, ditambah dengan artikel mengenai beberapa masalah imunologis, seperti sindrom Sjogren dan artritis psoriatika.

Cover Page

Vol 41, No 4 (2014): Dermatologi

Masalah tuberkulosis resisten obat telah menjadi problem pelik dalam program pemberantasan tuberkulosis di dunia, dan mungkin juga telah sejawat jumpai dalam praktik, semoga artikel di edisi ini dapat membantu sejawat menangani kasus yang sulit ini, disambung dengan bahasan mengenai statin-induced diabetes, masalah yang penting diketahui oleh para praktisi, juga oleh para ahli farmasi sehingga bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko efek samping penggunaan obat.

Bagi para sejawat yang berminat pada masalah dermatologi, bahasan mengenai terapi dermatitis atopik dapat memberikan wawasan baru penatalaksanaan dengan adanya beberapa pendekatan mutakhir yang didasarkan atas pengetahuan patofisiologi akhir-akhir ini.

Cover Page

Vol 41, No 3 (2014): Farmakologi

Penggunaan obat tidak selalu menguntungkan, pernyataan yang kedengarannnya kontradiktif, tetapi dalam hal tertentu mungkin ada benarnya, karena bagaimana pun obat adalah zat/preparat asing bagi tubuh, dan sama halnya dengan semua zat, pengaruhnya bisa menguntungkan, tetapi bisa merugikan ditinjau dari aspek kepentingan yang berbeda.

Untuk bisa lebih memahami berbagai aspek/sifat obat dan pengobatan, dua artikel yang berkaitan dengan penggunaan obat dapat dibaca pada edisi CDK ini. Artikel pertama membangkitkan kewaspadaan terhadap risiko efek samping yang merusak hepar, yang lain membahas aspek farmakogenomik, sesuatu yang boleh jadi lebih dikenal di kalangan apoteker atau ahli farmasi.

Cover Page

Vol 41, No 2 (2014): Neurologi

Penambahan penduduk lanjut usia akan mengubah pola masalah kesehatan yang dihadapi oleh para dokter dan praktisi medis lainnya, antara lain dengan bertambahnya kasus-kasus metabolik dan degeneratif. Karena itu, pemahaman akan hal-hal tersebut mutlak diperlukan agar bisa merencanakan tata laksana yang baik. Dalam edisi ini, salah satu artikel akan membahas masalah hipertensi resisten dengan fokus pada alternatif penanganan selain medikamentosa yang menarik untuk disimak.

Artikel mengenai farmakogenomik menghadirkan sesuatu yang ’berbeda’ dibandingkan dengan artikel klinis selama ini, tetapi layak diketahui oleh para klinisi agar dapat merencanakan terapi yang lebih rasional dan tepat guna.

Cover Page

Vol 41, No 1 (2014): Neurologi

Sejawat pasti pernah menangani kasus vertigo, baik di klinik maupun di rumah sakit, bahkan mungkin di UGD (unit gawat darurat) karena keluhan ini merupakan salah satu yang paling sering, mencakup 3–5% kunjungan ke rumah sakit dan seperempatnya melalui UGD. Meskipun keluhan ini kelihatannya ringan, tetapi dapat merupakan gejala awal dari penyakit susunan saraf pusat yang lebih serius. Karena itu, langkah diagnostik awal yang tepat sangat diperlukan. Bahasan mengenai vertigo secara menyeluruh dapat Sejawat ikuti pada edisi ini dengan harapan dapat menyegarkan kembali pengetahuan demi penanganan pasien yang lebih tepat dan cepat. 

Beberapa masalah geriatri  ikut melengkapi bahasan, antara lain masalah pneumonia pada geriatri, masalah yang serius mengingat pneumonia merupakan salah satu ‘pembunuh’ utama di kalangan orang tua, disambung dengan bahasan mengenai gagal jantung. Di samping itu, yang tidak kurang pentingnya adalah mengenali faktor-faktor risiko gangguan fungsi kognitif di kalangan lanjut usia.


106 - 110 of 110 Items     << < 1 2 3 4 5 6 7 8