Archives

2016

Cover Page

Vol 43, No 11 (2016): Kesehatan Ibu - Anak

Kesehatan ibu dan anak masih merupakan masalah kesehatan yang harus diperbaiki di Indonesia, untuk itu peranan para tenaga kesehatan, terutama bidan tidak dapat diabaikan.

Penelitian sederhana mengenai kualitas KIE (konseling, informasi, edukasi) para bidan mungkin dapat memberi gambaran aktual di lapangan dan bisa menjadi bahan evaluasi untuk peningkatan kualitas pelayanan.

Beberapa topik mengenai kesehatan anak, seperti HFMD, yang pernah menghebohkan beberapa sekolah dasar, masalah konstipasi dan kejang demam juga akan ikut serta dibahas dalam edisi ini.

Dilengkapi dengan bahasan mengenai diabetes gestasional, semoga dapat meningkatkan kualitas pelayanan para sejawat.

Cover Page

Vol 43, No 10 (2016): Anti-aging

Appendisitis adalah penyakit yang relatif sering dijumpai, dan appendektomi merupakan salah satu teknik pembedahan yang paling sering dilakukan di rumah sakit; meskipun demikian, diagnosis pasti penyakit ini tidaklah selalu mudah, apalagi pada kalangan anak yang keluhannya sulit dipastikan keakuratannya; sebuah laporan penelitian di Medan mengenai peranan beberapa pemeriksaan laboratorium mungkin dapat membantu sejawat agar dapat menatalaksanai appendisitis, khususnya di kalangan anak anak, secara lebih tepat guna.

Artikel-artikel berikutnya sebagian mengenai masalah penuaan dan beberapa ulasan atas peranan beberapa tanaman obat untuk fungsi organ tubuh dan kesehatan; bahasan mengenai peranan oksigen hiperbarik dalam tatalaksana luka diabetik juga menarik untuk dibaca, agar membuka wawasan baru dalam hal alternatif tatalaksana.

Cover Page

Vol 43, No 9 (2016): Kardiovaskuler

Keterbatasan sarana tidak selalu berarti terbatasnya kemampuan diagnostik dan tatalaksana suatu kelainan/penyakit; yang diperlukan adalah inovasi dan kemampuan memanfaatkan sarana yang ada tanpa mengorbankan akurasi dan derajat pelayanan. Dalam semangat ini, hasil penelitian mengenai akurasi diagnostik fibrosis hati perlu ditelisik lebih lanjut; terutama kemungkinan pemanfaatannya dalam ruang lingkup yang lebih luas, sekaligus menguji kehandalannya di lapangan.

Dua artikel berikutnya adalah mengenai hemorheology, masalah DVT yang tidak jarang dijumpai dalam praktik sehari-hari, yang membutuhkan kejelian dan kemampuan diagnostik. Dilengkapi dengan bahasan mengenai trombositopenia akibat heparin, hendaknya memberikan wawasan baru bagi tatalaksana yang lebih baik.

Bahasan kasus ascariasis mungkin menarik bagi sejawat yang minat pada masalah anak dan infeksi.

Cover Page

Vol 43, No 8 (2016): Infeksi

Bahasan yang patut didalami lebih lanjut adalah bahwa fungsi sel beta pankreas disinyalir berhubungan dengan kadar lemak darah. Simpulan ini jika didukung oleh studi yang lebih mendalam, baik studi pustaka maupun penelitian klinis, berpotensi mempunyai implikasi klnis dan tatalaksana yang perlu diperhitungkan.

Bagi sejawat yang berminat mendalami masalah epidemiologi penyakit menular, tinjauan mengenai penyakit Ebola dapat menambah wawasan dan kewaspadaan terhadap potensi penyebaran/penularannya. Masalah leptospirosis juga tetap perlu diwaspadai, terutama di musim banjir.

Cover Page

Vol 43, No 7 (2016): Kulit

Saat ini penyakit degeneratif mulai mengambil alih peranan penyakit infeksi dalam menyebabkan mordibitas dan mortalitas diIndonesia, seperti ternyata dari hasil Riskesdas yang terakhir.  Beberapa penelitian pendahuluan yang hasilnya diterbitkan di edisi ini masih relatif sederhana dan tidak terlepas dari beberapa keterbatasan, tetapi hendaknya bisa membuka jalan ke arah penelitian lanjutan yang lebih luas dan mendalam, agar bisa memberikan pengetahuan dasar yang lebih baik bagi para klinisi dalam mengelola pasien dan masalah kesehatan masyarakat.

Artikel – artikel yang membahas berbagai aspek masalah kulit juga melengkapi edisi ini; semoga dapat berguna bagi penatalaksanaan pasien dalam praktik; seperti juga artikel laporan kasus yang diharapkan dapat memberi wawasan baru tata laksana pasien.

Cover Page

Vol 43, No 6 (2016): Metabolik

Bahan berasal dari tumbuhan sesungguhnya mempunyai potensi untuk dimanfaatkan dalam dunia kedokteran, seperti ternyata dari sejarah penemuan beberapa obat yang masih tetap relevan bahkan di masa modern saat ini; antara lain hasil penelitian pendahuluan atas ekstrak daging buah kelapa yang dapat dibaca di edisi CDK ini. Hasil penelitian ini seyogyanya dirangkaikan dengan penelitian klinis lanjutan untuk memantapkan penggunaannya dalam praktek.

Laporan yang juga menarik adalah mengenai potensi teknologi dalam proses pembelajaran di kalangan kedokteran; kemajuan teknologi informasi hendaknya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin karena pada hakekatnya proses belajar berlangsung seumur hidup.

Bahasan mengenai penggunaan metformin untuk kemoterapi kanker paru kiranya menarik untuk dipelajari karena membuka cakrawala baru penggunaan obat lama untuk indikasi yang berbeda; dan untuk para lanjut usia, manfaat vaksinasi herpes kiranya patut dipelajari agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Cover Page

Vol 43, No 5 (2016): Infeksi

Masalah usia lanjut merupakan beban kesehatan yang akan makin penting di masa mendatang, bukan hanya karena populasinya yang makin besar, tetapi juga karena banyaknya problem yang menyertainya. Penelitian di salah satu panti berusaha mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kejadian insomnia di kalangan usia lanjut, salah satu keluhan yang relatif sering dijumpai di antara mereka agar dapat ditanggulangi dengan lebih tepat.

Laporan yang juga menarik adalah mengenai masalah risiko bekerja di lingkungan SPBU; penelitian kecil ini seyogyanya dilanjutkan dengan penelitian yang lebih besar di lokasi berbeda agar bisa ditindaklanjuti dengan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan.

Cover Page

Vol 43, No 4 (2016): Adiksi

Berapa besar risiko seseorang yang didiagnosis hipertofi prostat yang ternyata menderita karsinoma prostat? Kisaran angkanya sangat bervariasi antata 7% s/d 29,4%; penelitian di Kediri mendapatkan angka 7,60%. Hasil penelitian ini tentu harus diperkuat dengan penelitian lanjutan dengan sampel lebih besar dan multisenter agar mendapatkan angka yang lebih sahih; namun setidaknya sudah merupakan langkah awal untuk mendapatkan data lokal.

Bagi sejawat yang ingin menganjurkan berhenti merokok (atau berniat berhenti merokok), artikel yang membahas segi molekuler ketergantungan tentu dapat memberi dukungan ilmiah atas anjuran dan upaya tersebut.

Faktor stres juga menjadi bahan penelitian di kalangan penderita psoriasis, hendaknya menjadi perhatian semua kalangan demi tatalaksana yang lebih lengkap.

Artikel lain yang juga berkaitan dengan adiksi adalah mengenai game online, khususnya di kalangan anak; fenomena yang makin menjamur ini hendaknya diwaspadai oleh masyarakat dan kalangan medis.

Cover Page

Vol 43, No 3 (2016): Kardiologi

Laporan dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita merupakan hasil penelitian awal yang seyogyanya ditindak lanjuti dengan penelitian yang lebih besar dan (jika mungkin) juga multisenter untuk mendapatkan hasil yang lebih sahih dan dapat diandalkan.

Disambung dengan laporan dari Serang mengenai faktor prediktor mortalitas pasien infark miokard, kiranya patut diperhatikan untuk tata laksana pasien yang lebih baik. Laporan dari tempat lain sangat diharapkan untuk memperkaya data lokal agar diperoleh gambaran yang lebih baik mengenai masalah kesehatan nasional yang tidak selalu sama dengan data mancanegara. 

Artikel lain hendaknya dapat menyegarkan kembali pengetahuan sejawat mengenai  masalah nyeri otot yang pasti sering dijumpai dalam praktik sehari-hari; selain itu, dibahas juga kasus yang  sering dijumpai di kalangan anak-anak, yaitu campak – penyakit ringan yang perlu diwaspadai risiko komplikasinya; demikian juga dengan kasus tetanus, kendati jarang dijumpai di perkotaan, tetapi tetap perlu dipikirkan pada situasi tertentu.

Cover Page

Vol 43, No 2 (2016): Diabetes Mellitus

Beberapa bahasan terkait masalah diabetes melitus (DM) menjadi pokok bahasan edisi CDK ini. Penelitian dari Yogyakarta menarik untuk disimak, terutama jika dikaitkan dengan hasil penelitian sebelumnya; mungkin perlu dipertimbangkan adanya faktor-faktor lain yang juga ikut berpengaruh.

Bahasan lain adalah penelitian salah satu tanaman obat sebagai agen hipoglikemik, temuan ini perlu ditindaklanjuti dengan penelitian klinis yang lebih besar dan terstandar agar bisa dijadikan alternatif pengobatan di masyarakat.

Komplikasi DM lain yang ikut dibicarakan adalah gangguan tidur insomnia, khususnya OSA (obstructive sleep apnea) dan kaki Charcot – komplikasi menahun yang potensial meningkatkan morbiditas dan juga mungkin mortalitas.

Cover Page

Vol 43, No 1 (2016): Neurologi

Adakah di antara sejawat yang pernah menangani kasus gigitan ular? Kasus yang jarang terutama jika berpraktik di perkotaan, tetapi tidak mustahil menjadi kasus gawat darurat di daerah pertanian/perkebunan, sehingga tetap patut diwaspadai dan dipahami prinsip penanggulangannya.

Tulisan berikutnya adalah mengenai kelainan hepar dikaitkan dengan penyakit lain – suatu risiko komplikasi yang patut diwaspadai oleh para klinisi. Bahasan lain mengenai perilaku bullying seyogyanya menarik para peminat masalah anak den remaja, apalagi dengan maraknya berita mengenai masalah anak di sekolah dan di lingkungan keluarga.

Selain itu metode penentuan usia melalui gigi mungkin menarik bagi sejawat yang berminat di bidang forensik.


2015

Cover Page

Vol 42, No 12 (2015): Dermatologi

Salah satu masalah tata laksana diabetes melitus adalah deteksi dini komplikasinya; artikel mengenai pemeriksaan transcranial Doppler semoga dapat memberi wawasan baru mengenai masalah tersebut, apalagi teknik pemeriksaannya pun sederhana dan tidak memerlukan peralatan yang rumit.

Artikel selanjutnya membahas berbagai aspek masalah kesehatan kulit, seperti psoriasis, melanoma, dan karsinoma sel basal, semoga dapat membantu sejawat mengenali secara dini kelainan-kelainan tersebut agar bisa ditangani secara memuaskan. Ditambah dengan laporan kasus mengenai teknik perawatan luka yang lebih baik, diharapkan bisa meningkatkan mutu pelayanan sejawat pada para pasien.

Beberapa tulisan lain antara lain masalah imunitas terhadap Salmonella typhi mungkin menarik bagi para pemerhati masalah infeksi.

Cover Page

Vol 42, No 11 (2015): Kanker

Beberapa tinjauan mengenai kanker mengisi CDK edisi ini, di antaranya bahasan mengenai kanker kolorektal, melanoma, dan kanker paru di kalangan lanjut usia. Artikel mengenai penggunaan tanaman obat untuk terapi kanker patut dipelajari untuk ditindaklanjuti agar dapat dimanfaatkan oleh kalangan yang lebih luas.

Artikel lain yang juga menarik adalah konsep baru mengenai pengobatan diabetes melitus, yang dapat mengubah pedoman tatalaksana dan pemantauan penyakit tersebut.

Edisi ini juga dilengkapi dengan laporan hasil penelitian lapangan di kalangan siswa SD; kendati relatif tidak rumit, hasil penelitian di atas hendaknya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pengelolaan kesehatan di masyarakat.

Cover Page

Vol 42, No 10 (2015): Neurologi

Beberapa masalah neurologi kembali akan menjadi pokok bahasan dalam edisi CDK, antara lain beberapa aspek masalah gangguan peredaran darah otak, yaitu stroke pada usia muda dan penelitian mengenai kaitannya dengan kadar beta amiloid – sesuatu yang menarik untuk didalami lebih jauh. Penyakit Takayasu, kendati relatif jarang dijumpai, juga perlu diketahui agar tidak berlanjut menimbulkan komplikasi kerusakan organ.

Laporan yang juga menarik untuk dipelajari adalah bahwa jumlah leukosit juga bisa dikaitkan dengan prognosis di

kalangan pasien infark miokard akut, seperti yang tampak dari hasil penelitian diMakassar.

Edisi ini juga dilengkapi dengan dua artikel mengenai kegawatan – status epileptikus dan delirium – keduanya berpotensi gawat darurat jika tidak segera ditangani dengan tepat dan cepat.

Cover Page

Vol 42, No 9 (2015): Pediatri

Stroke atau gangguan peredaran darah otak telah menjadi masalah penting dalam klinik, sehingga diagnosis dini diperlukan untuk mencegah kecacatan dan kematian; salah satu upaya adalah deteksi dini gejala klinisnya, antara lain dengan sistem nilai atau scoring. Keandalan salah satu sistem scoring tersebut telah diteliti, yang hasilnya mungkin dapat dimanfaatkan oleh para sejawat klinisi.

Edisi ini juga membahas masalah yang sering ditemui pada anak dan salah satu yang paling mengkhawatirkan orangtuanya – kejang demam – keadaan klinis yang sebagian besar tidak berkomplikasi jangka panjang, tetapi tetap perlu diwaspadai dan ditangani dengan tepat dan cepat. Dilanjutkan dengan beberapa masalah pada anak, antara lain deteksi fenilketonuria – satu hal yang perlu diketahui dalam kaitannya dengan konseling pranikah, juga karena deteksi dini sangat berperan mencegah komplikasi jangka panjangnya.


76 - 90 of 110 Items     << < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >>